Rabu, 11 April 2012

Zaman 90'an-Acara TV Jepang (Part 1)

Zaman 90'an apa yang terpintas di benak kita ketika kita mengingat zaman 90'an? ya pasti banyak yang bilang zamannya gw lahir, zamannya gw sd, zamannya film robot jepang, zamannya gw masih kecil, dan lain-lain. klo kita ingat zaman 90'an mungkin banyak kenangan yang ga bisa kita lupakan dar makanan, baju, acara di tv, dan lain-lain. Oke kali in gw bakalan ngajak kalian para readers, followers, dan blogwalkers untuk ngebahas satu persatu mengenai zaman 90'an. Untuk label Random kali ini, gw post bukan hanya di blog gw yg in tapi silahkan kalian juga mengunjungi http://jisjas.blogspot.com/ . gw bakalan nampilin beberapa post mengenai zaman 90a'an di blog itu.

kali ini gw bakal bahas acara TV zaman 90 an yang pasti kalian tonton, kali ini gw bahas Acara TV Drama Jepang haha,let's check it out :


Jiban 
Nama lengkap serial ini adalah Kidou Keiji Jiban atau Mobile Detective Jiban dalam bahasa Inggris. Di negara asalnya , Negeri Matahari Terbit, Jiban diproduksi oleh rumah produksi Toei, rumah produksi yang juga memproduksi serial Winspector dan Solbrain.
Setelah berubah,sebelum menyerang monters, Jiban mengambil sesuatu yang mirip dengan sebuah buku saku berwarna hitam dari perutnya, kemudian menunjukkan benda tersebut ke si monster. Sambil berjalan dan menunjukkan benda itu, Jiban menyebutkan pasal-pasal : "Pasal 1, Pasal 2, dan seterusnya"

Ksatria Baja Hitam 
Kisah Ksatria Baja Hitam dimulai dari proyek Gorgom yang ingin menjadikan Raja Abad. Kotaro Monami lahir bersamaan dengan Akizuki Noboyiko dengan bertepatan adanya pristiwa gerhana matahari. Ketika mereka merayakan pesta ulang tahunnya yang ke 19, Organisasi Rahasia yang dikenal dengan nama Gorgom menangkap Kotaro Minami dan Noboyiko untuk di jadikan Raja Abad (Century King). Kotaro Minami oleh Gorgom akan dijadikan sebagai Surya Hitam (The Black Sun).
Pada saat mereka hendak di cuci otaknya, ayah angkat Kotaro Minami yang merupakan Ayah dari Noboyiko mencoba mengagalkan Oprasi tersebut. Dengan adanya kejadian itu Kotaro Minami berhasil meloloskan diri dari cengkraman Gorgom, namun sayang Noboyiko tidak bisa melarikan diri. Kotaro Minami menaiki Kendaraan Belalang Tempur (Battlehoper) untuk lari dari Markas Gorgom.
Walau Kotaro Minami berhasil kabur dia telah menjalankan oprasi sebelumnya oleh Gorgom, sehingga di dalam perutnya telah ditanam Batu Raja Matahari (King Stone of the Sun), dari situlah dia bisa berubah menjadiKsatria Baja Hitam, serta dapat menghimpun kekuatan. Senjata andalannya adalah Pukulan Matahari dan Tendangan Matahari


Sailor Moon 
Seorang gadis berpakaian sailor (sera fuku) mengejar seseorang lelaki bertuxedo dan memakai topeng. Keduanya bertarung untuk mencari Kristal Perak (Silver Crystal) yang ternyata tidak ada di tangan sang pemuda.
Usagi yang terinspirasi akan kepahlawanan Sailor-V, ia berniat menjadi pahlawan seperti jagoannya. Hal itu terkabul saat bertemu dengan Luna yang membuatnya berubah menjadi Sailor Moon. Perjuangan melawan pasukan kejahatan tidak sendiri, perlahan Usagi menemukan teman baru yang juga termasuk pengawal kerajaan bulan. Pada awalnya Sailor Moon memiliki empat teman termasuk Sailor-V yang ternyata adalah Sailor Venus, kepala pengawal kerajaan. Perlahan-lahan sejalan dengan cerita dia bertemu dengan sailor lainnya hingga bertemu dengan anaknya di masa depan, Chibiusa (pada versi Sailormoon Super).
Setelah berbagai pertempuran hingga membangkitkan kekuatan bintang mereka, Sailor Moon bertemu dengan sailor dari galaksi lain.
Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Half Moon, Dark Moon, Death Moon, dan lain sebagainya. Dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar kristal perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga.


Tokkei Winspector 
Serial tokusatsu yang satu ini cukup legendaris. Tokoh utamanya adalah 3 robot polisi (salah satunya adalah manusia), mereka bernama Fire (merah), Walter (biru) dan juga Bycle (kuning). Winspector adalah serial Metal Hero yang ke-9 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 4 Februari 1990 hingga 13 Januari 1991. Di Indonesia, serial tokusatsu di Winspector ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar.

Minky Momo 

Bercerita tentang seorang gadis bernama Minky Momo yang merupakan putri dari Raja dan Ratu Negeri Vinarina. Vinarina merupakan negeri impian yang berdampingan dengan bumi. Manusia bumi dapat dengan bebas bermain di negeri Vinarina. Suatu saat, negeri Vinarina harus menjauh dari bumi karena sedikit demi sedikit manusia bumi sudah tidak percaya lagi dengan mimpi dan harapan. Minky Momo lah yang diberi tugas oleh ayahnya Raja Vinarina untuk menumbuhkan kembali mimpi dan harapan manusia bumi. Minky Momo diberi liontin yang memiliki kekuatan sihir oleh Ratu dalam melaksanakan tugasnya. Minky Momo turun ke bumi dan tinggal bersama kedua orang tua barunya yang memiliki Rumah Perawatan hewan, tentu saja Minky Momo menggunakan sihir untuk masuk ke dalam rumah tersebut dan tinggal di dalamnya.
Setiap hari Minky Momo harus menolong manusia bumi, dengan sihirnya yang dapat merubahnya menjadi gadis dewasa sesuai keinginan. Hanya dengan mengucapkan mantra “Pipiluma pipiluma purilimpa Papaleho Papaleho dolimimpa jadilah seorang ….” maka berubahlah ia menjadi gadis dewasa. Minky Momo juga dibantu dengan tiga hewan kesayangannya yang berasal dari negeri Vinarina juga. Minky Momo harus mnegumpulkan 12 permata yang akan dipasang di sebuah mahkota bila ia berhasil menolong manusia bumi.


Ultra Man 

Ultraman berasal dari Nebula M78. Ia adalah seorang dosen di Space University serta anggota Space Garrison. Dikisahkan pula, bahwa ia punya kehidupan di sana. Ayahnya adalah direktur dari Space Security Board dan ibunya adalah guru di sekolah Ultra. Kedatangannya ke bumi karena suatu alasan.Dia sedang mengejar monster bernama Bemular. Namun, Ultraman bertabrakan dengan sebuah kapal tempur dari Patroli Luar Angkasa bernama SSIT yang berasal dari bumi. Pilotnya yang bernama Shin Hayata hampir terbunuh dalam kejadian itu. Merasa bersalah, di saat kritis itulah Ultraman memutuskan untuk membagi energinya dengan Hayata agar Hayata tetap hidup. Ultraman pun menjadi satu dengan Hayata sehingga Ultraman harus menetap di bumi. Keinginan Ultraman menetap di bumi ternyata mendapat izin dari Zoffy, komandan Space Garrison. Saat itulah, setiap kali monster menyerang bumi, Hayata selalu berubah menjadi Ultraman. Perubahan dirinya menjadi Ultraman dibantu sebuah alat bernama Beta Capsule yang selalu disimpan di saku kiri baju patrolinya.
Ultraman sangatlah kuat dan memiliki banyak jurus. Namun seperti kebanyakan pahlawan super lain yang memiliki kelemahan (Superman lemah terhadap batu krypton), Ultraman lemah terhadapatmosfer bumi. Atmosfer bumi mengurangi energi matahari yang menjadi sumber kekuatannya, dan tidak bebas seperti saat di luar angkasa yang hampa udara. Struktur udara bumi juga berbeda dengan planet asalnya. Berdasarkan alasan tersebut, Ultraman hanya bisa bertarung dalam wujud raksasa hanya selama 3 menit. Dalam perjuangannya melindungi bumi, Ultraman akhirnya dikalahkan oleh makhluk luar angkasa bernama Zetton.Zetton menyerap serangan Ultraman dan mengubahnya menjadi bola api untuk menyerang Ultraman. Bola api yang ditembakkan Zetton membuat color timer di dada Ultraman hancur. Walaupun akhirnya Zetton dapat dikalahkan oleh tim SSIT, namun tampaknya Ultraman tak tertolong lagi. Secara tiba-tiba, Zoffy muncul untuk menolong. Zoffy menjelaskan pada Ultraman bahwa untuk memperbaiki color timer yang rusak, Ultraman harus menjalani perawatan di planet asalnya. Ultraman awalnya menolak karena bila berpisah dengan Hayata, maka Hayata akan mati. Pada akhirnya, Zoffy memisahkan Ultraman dari Hayata, dan memberikan cukup tenaga kepada Hayata agar bisa bertahan untuk sementara hingga Ultraman kembali ke bumi. Serial ini berakhir tanpa pernah diketahui apakah Hayata kembali bersatu dengan Ultraman atau tidak.


Candy Candy
Candy adalah gadis kecil berumur enam tahun, yang tinggal di panti asuhan pimpinan Ibu Pony dan Suster Lane di dekat Danau Michigan. Candy ditemukan oleh mereka ketika masih bayi, bersamaan dengan saat ditemukannya Annie --sahabat erat Candy-- pada suatu hari di musim dingin ketika turun salju. Candy sering bertindak ceroboh dan tidak segan mengadili teman-temannya yang nakal, terutama mereka yang menyakiti Annie. Dia dan Annie memiliki binatang rakun, yang bernama Kurin, yang seterusnya menemani Candy. Suatu hari Annie diadopsi oleh keluarga kaya, Brightons. Ini terjadi setelah Candy menolak diadopsi oleh keluarga Brighton, karena dia tidak ingin berpisah dengan Annie. Setelah diadopsi, Annie diharuskan oleh ibu angkatnya untuk melupakan Candy dan masa lalunya. Dia tidak boleh menyurati Candy lagi, untuk menghindari kemungkinan terbongkarnya identitas Annie yang sebetulnya hanya anak adopsi. Teramat sedih menerima surat Annie yang terakhir, Candy pergi ke tempat favoritnya, Bukit Pony, untuk menangis. Ketika di sana, dia dikejutkan oleh sapaan seorang pemuda remaja, yang berkata: "Gadis kecil, kamu lebih manis kalau tersenyum daripada kalau kamu menangis". Pemuda remaja itu berpakaian baju tradisional Skotlandia dan membawa alat musik tiup khas Skotlandia, bag pipe. Candy terpesona dengan penampilan dan musik yang dimainkan oleh pemuda remaja tersebut. Namun saat dia kembali setelah berbalik untuk mengejar surat Annie yang ditiup angin, pemuda remaja itu menghilang secara misterius. Candy hanya menemukan sebuah bros berbentuk sayap Elang dengan huruf "A" yang terjatuh dari kostum pemuda tersebut. Candy memberi nama pemuda itu "Pangeran di Bukit dan selalu teringat kepadanya sampai selanjutnya.

Air Mata Suzu Ai Sawa
Film ini bercerita tentang perjuangan seorang anak oerempuan bernama Suzu Aizawa dalam menghadapi bermacam tekanan dalam kehidupannya. Sejak kecil Aizawa sudah ditinggalkan oleh kedua orangtuanya kemudian ia tinggal berpindah-pindah ke saudara-saudaranya. Sebenarnya kau tidak terlalu ingat jalan ceritanya, karena saat itu aku masih kecil. Yang jelas, film ini menggambarkan sosok seorang anak perempuan yang begoitu tegar menjalani kehidupan yang keras. Kemalangan demi kemalangan ia hadapi dan lalui nyaris tanpa air mata!. Hal yang masih kuingat adalah ketika Erika, tokoh menyebalkan dalam film ini, menjadikan Aizawa sebagai bulan-bulanan di kelas ketika Aisawa SMP. Erika kerap menyakiti dan menyiksa Aizawa alasannya karena Aizawa adalah satu-satunya murid miskin di kelas. 

0 komentar:

Posting Komentar