Senin, 17 April 2017

One day Trip to Purwakarta

September 2016 tahun lalu, gw sama Alvin berancana jalan-jalan dan gw dapat ide coba ke Purwakarta yuk karena lumayan dekat sama Jakarta dan jarak tempuhnya 1,5 jam dengan kereta. Alhasil kita coba search tempat bagus di Purwakarta dan ketemulah tempat tersebut meski ga semuanya bisa dikunjungi.

Stasiun Purwakarta

Perjalanan dari Jakarta ke Purwakarta di tempuh 1,5 Jam, kita berencana naik kereta biar lebih santai aja, untuk ke Purwakarta bisa ditempuh dengan kereta Argo Parahyangan, yup kereta jurusan Bandung. Sebenarnya sih ada kereta lokal yang ke Purwakarta dengan harga murah yaitu Rp 6000, dari stasiun kota tapi setelah gw lihat adanya jam 11.30 klo ga salah ya hehe dan katanya ticket bisa didapat 1 jam sebelum keberangkatan, tapi teman gw bilang ada yang pagi-pagi sih, mungkin klo kalian mau menghemat bisa coba kereta ini cuma tanya-tanya aja dulu jam keberangkatannya.

Sialnya,namanya pertama kali trip berdua tanpa teman-teman dan keluarga, kita hampir telat naik kereta :D 5 menit sebelum keberangkatan baru sampai di Stasiun Gambir haha. Sambil lari-lari dan samperin petugasnya klo kita mau naik kereta Argo Parahyangan dan dimaraahin bentar sih, tapi untung petugasnya baik izinin kita nyelak antrian hehehe (maaf ya yang diselak :'( sebenarnya ga suka nyelak kok :'( ). 2 menit sebelum keberangkatan, kita baru duduk di kereta sambil ngogosan hahahaha, sambil ngejar sambil denger pengumuman "kereta argo parahyangan di jalur sekian segera diberangkatkan" rasanya seru dan deg-degan juga haha.

Selama perjalanan lihat sawah-sawah, maklum jarang lihat sawah hehehehe. Perjalanan dari Jakarta jam 08.00 dan sampai di Purwakarta jam 09.30. Petugas kereta di Purwakarta alhamdulillah ramah-ramah banget, orang-orangnya juga. Sampai di sana kita mau ke Istora Jatiluhur, kita ga tau angkotnya, dan nanya Bapak-bapak di stasiun, alhamdulillah si Bapak baik banget dan kasih tau dengan jujur angkotnya. Klo ditanya angkotnya apa sekarang, yah gw lupa hehehe

Perjalanan ke Istora Jatiluhur menggunakan 2 angkot, selama perjalanan hirup udara segar di Purwakarta enak banget, belum lagi pas masuk kawasan waduk Jatiluhur, indah banget tempatnya banyak pohon meski sepi banget tapi udara dan pemandangannya cukup menyejukan, duh tanah Pasundan (yes, I'm Proud being Sundanese hehe)

Sesampai di Istora Jatiluhur, kita bayar ticket masuk klo ga salah sebesar 20rb/25rb. Masuk sana indah banget sih menurut gw, bisa lihat waduk jatiluhur dan pemandangan banyak gunung di Purwakarta. 


Di Istora kita pesan makanan, harganya murah, untuk 2 porsi (2 nasi goreng, 2 es teh manis, spicy wings isi lebih dari 5 sayap ayam) total cuma 95 ribu, beda banget ga akay di Jakarta :D, dan cukup nyenangin. Selama di istora kita foto-doto dan nikmatin pemandangan aja, untuk wisata ke pinggiran waduknya masih belum kesampaian hehe.

Waduk Jatiluhur
Istora Jatiluhur

Istora Jatiluhur udah pake filter :D
jam 01.30 kita chao balik ke statsiun Purwakarta dan ternyaata di samping stasiun ini ada Museum (Hore !!!! senang banget bisa lihat museum),  Bale Panyawangan Diorama Purwakarta. Awalnya sempet takut juga, karena penitipan tas ditaro di luar dan ga ditutup hehe. Sempet nnya ke petugas museumnya "ini benerang Kang aman ?", katanya "amang neng".

Museum ini menjelaskan tentang asal-muasal Kerajaan di Sunda dan kota Purwakarta. Di Diorama ini, ada buku, klo dibuka bakal jelasin segalanya tentang  Kerajaan di Sunda. Pokoknya keren lah

Asal-muasal Kerajaan di Sunda
Wayang Golek

Setelah selesai, Alhamdulillah bener brang ga ada yang hilang hehehehe, aman. Masih ada 1 jam sebelum kereta jalan (03.30), kita mampir ke warung depan stasiun dan nyobain es kuwut yang rasanya seger banget.

Setelah itu balik ke stasiun, sholat dan perjalanan pulang menuju Jakarta. Oh ya sayangnya bangkai kereta ga boleh di foto :'(  cuma foto gedung tua samping stasiun.

Gedung Samping Stasiun Purwakarta


Jadi  Total kesana pada September 2016 :

Ticket Kereta Argo : @ Rp 120.000 / klo mau hemat coba kereta lokal 6rb tapi cek jadwal dulu
Angkot 1 ke Istora :  @ Rp     4000
Angkot 2 ke Istora :  @ Rp    10000
Makan siang  : +/-@ Rp    50000
Angkot ke stasiun  : @ Rp   10000
Museum  : Gratis
Es Kuwut  : @ Rp    6000
Ticket Kereta Srayu : @ Rp  67000
_________________________________+
Total   :  @Rp 267.000

Klo kalian hemat total bisa Rp 92.000 aja :D. Cus Purwakarta teman-teman


0 komentar:

Posting Komentar