Selasa, 29 September 2015

Studio Ghibli (株式会社スタジオジブリ Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi)

HELLO ! balik lagi setelah sok sibuk ngurusin kelulusan ambil ijazah dan bla bla bla (padahal ada waktu kosong sebulan -_-"), ga deh sibuk kerja ngurusin new site dan complain ribuan :(.

Kali ini gw mau bahas tentang Studio Ghibli, mungkin pecinta anime udah pada tau apa itu Studio Ghibli, dan cuma gw aja yang baru tahu 1-2 tahun terakhir :| . Pecinta anime macam apa ya gw -_-"


Gambar 1. Gambar Karakter Studio Ghibli (Sumber : http://www.experiencefilm.com/wp-content/uploads/2012/11/ghibli___finish_work_by_hyung86.jpg)


Studio Ghibli, Inc. (株式会社スタジオジブリ Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi) adalah sebuah studio film animasi yang berbasis di KoganeiTokyo, Jepang (sumber : Wikipedia). Studio Ghibli ini paling banyak menawarkan berbagai anime dengan genre Fantasy, tapi ceritanya tidak berlebihan dibalut dengan sangat apik sehingga membuat kita sebagai penonton merasakan bahwa segala fantasy yang ada di anime dari Studio Ghibli adalah nyata.


Menurut sumber wikipedia, Namanya berasal dari nama panggilan yang digunakan orang-orang Italia untuk menyebut pesawat-pesawat pengincar Sahara mereka pada masa Perang Dunia II; nama yang mengandung arti angin panas yang bertiup menyusuri Gurun Sahara (sirocco). Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Italia namun kata ini diserap dari kata qibli (قبلي) dan etimologis berasal dari kata "qibla" atau kiblat, dalam bahasa Jepang nama studio itu dilafalkan 'ji-bri' atau 'ji-bu-ri'. Teori di balik nama tersebut adalah bahwa studio tersebut sedang meniupkan angin yang baru terhadap industri anime.
Didirikan pada tahun 1985, Ghibli dipimpin sutradara ternama Hayao Miyazaki (宮崎 駿 Miyazaki Hayao) bersama dengan rekannya yang juga pembimbingnya, Isao Takahata(高畑 勲 Takahata Isao). Asal mula Studio Ghibli dapat dibilang berawal pada tahun 1983, dengan film Nausicaä of the Valley of the Wind (風の谷のナウシカ Kaze no tani no Naushika1984), yang mulanya merupakan manga bersambung yang diterbitkan majalah manga terbitanTokuma Shoten (徳間書店). Tokuma adalah perusahaan induk Studio Ghibli, dan telah memberikan pada Disney hak-hak video untuk delapan filmnya serta hak distribusi dunia untuk Princess Mononoke (もののけ姫 Mononoke Hime,1997) dan Spirited Away (千と千尋の神隠し Sen to Chihiro no Kamikakushi2001). Film terbaru Miyazaki, Howl's Moving Castle, (ハウルの動く城 Hauru no ugoku shiro, 2004) sebenarnya merupakan adaptasi sebuah buku karya penulis Britania, Diana Wynne Jones, yang diterbitkan di beberapa negara termasuk Amerika Serikat dan Kanada. Komponis Joe Hisaishi telah menyediakan soundtrack bagi beberapa film Ghibli. Film Ghibli yang bukan merupakan hasil arahan Miyazaki yang paling terkenal dan dipuji adalah Grave of the Fireflies(火垂るの墓 Hotaru no Haka, 1988), yang disutradarai Isao Takahata, sebuah film sedih yang terfokus pada kehidupan dua anak yatim piatu pada zaman pasca-Perang Dunia II di Jepang.

Dari sisi gambar, menurut gw gambarnya lumayan menakjubkan meskipun banyak anime yang diterbitkan di tahun 80an.  Nah ada hal yang gw suka dan menurut gw unik, contohnya anime Spirited Away, My Neighbor Totoro, Kiki's Delivery Service, dan Howl's Moving Castle jika dilihat karakter mereka sama semua dari segi gambar, baik perempuan dan lelakinya hanya beda dimodel rambut ataupun baju. Tapi menurut gw justru ini kelebihannya yang membuat terasa sejuk dan ciri khas banget dari Studio Ghibli.

Nah, Jangan lupa ya ditonton Anime Studio Ghibli, dipastiin ketagihan :D


0 komentar:

Posting Komentar